Minggu, 07 Oktober 2012

Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi Terhadap Tingkat Kejadian Anemia Di Puskesmas


KTI SKRIPSI
KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI TERHADAP TINGKAT KEJADIAN ANEMIA DI PUSKESMAS

ABSTRAK
Konsekuensi anemia pada ibu hamil dapat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan ibu maupun janinnya, keadaan ini dapat meningkatkan morbiditas maupun mortalitas ibu dan anak. Namun masih sedikit wanita hamil yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan melalui makanan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan melihat gambaran kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet zat besi terhadap tingkat kejadian anemia. Desain penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang datang memeriksakan kehamilannya secara terus menerus di Puskesmas dengan usia kehamilan 36 — 40 minggu (trimester III) yang berjumlah 62 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel.
Dan hasil penelitian ditemukan bahwa mayoritas responden berumur 20 — 35 tahun dan bekerja sebagai ibu rumah tangga, 37,1 % responden mengalami anemia, sedangkan (62,9%) tidak mengalami anemia.
Dan 62 responden 54,8 % mempunyai pengetahuan yang baik. 64,5 % mempunyai sikap positif atau baik terhadap anjuran petugas kesehatan untuk mengkonsumsi tablet besi secara benar. Tindakan ibu hamil dalam mematuhi mengkonsumsi tablet zat besi secara tepat dan benar, sebanyak 62,9% dikategorikan tindakan baik.
Diharapkan ada upaya peningkatan pada kegiatan promosi kesehatan melalui pengadaan penyuluhan masyarakat sehubungan dengan mengkonsumsi suplementasi tablet penambah darah (Fe) secara tepat dan perlu ditekankan lagi kepada ibu hamil bagaimana cara yang benar dalam mengkonsumsi tablet zat besi serta dosis yang tepat, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengkonsumsi tabet besi.

silahkan download KTI SKRIPSI  
KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI TERHADAP TINGKAT KEJADIAN ANEMIA DI PUSKESMAS

Tidak ada komentar: