KTI SKRIPSI
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN
ABSTRAK
Masa kanak-kanak awal merupakan masa pemenuhan aktivitas mandiri anak dengan pergerakannya. Hal ini didukung oleh perkembangan motorik kasar. Perkembangan motorik kasar tidak hanya didukung melalui pemenuhan status gizi saja akan tetapi didukung oleh stimulasi yang diberikan Ibu memiliki peran yang besar dalam pemberian stimulasi. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dan sikap ibu yang baik dalam pemberian stimulasi perkembangan anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian stimulasi perkembangan anak dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun. Penelitian dilakukan di Kelurahan pada tahun 2010 dengan menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sampel 32 orang ibu yang memilki anak usia 3-5 tahun. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji Spearmen. Dari hasil penelitian didapatkan nilai signifikansi (p)=0,782 (p>0,05) untuk hubungan pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak dan didapatkan nilai p=0,569 (p>0,05) untuk hubungan sikap ibu terhadap perkembangan motorik kasar anak sehingga dinyatakan tidak ada hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu tentang stimulasi perkembangan dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun. Baiknya pengetahuan dan sikap ibu tidak mendukung baiknya perkembangan motorik kasar anak usia 3¬5 tahun. Oleh karena itu perlu mengidentifikasi hubungan faktor lain seperti status kesehatan anak, kecukupan energi, atau aktivitas anak dengan perkembangan motorik kasar anak.
Kata kunci :ibu, pengetahuan, sikap, perkembangan motorik kasar, stimulasi, anak usia 3-5 tahun.
Kata kunci :ibu, pengetahuan, sikap, perkembangan motorik kasar, stimulasi, anak usia 3-5 tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar